MULTIMEDIA

Multimedia

 

MULTIMEDIA ini berasal dari 2 kata yaitu MULTI dan MEDIA. Multi berarti banyak. Media berarti perantara. Pengertian multimedia secara utuh berarti Kombinasi atau penggabungan dari beberapa media seperti teks, audio, video, animasi, gambar yang disajikan dalam penggunaan komputer dengan bantuan tool dan link sehingga menghasilkan presentasi yang menarik.

Kategori dalam multimedia terdapat 2 macam, yaitu Multimedia Communicationdan  Multimedia Content Production. Pengertian dari Multimedia Communication adalah penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah TV, Radio, Film, Game, Musik, Entertaiment, Tutorial, Internet, dan Media Cetak. Dengan adanya multimedia communication ini akan mempermudah penggua dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi. Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti Teks, Animasi, Audio, Video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll. Dalam kategori multimedia content production menggunakan media sebagai berikut :

    1.       Media tulisan (Teks)

    2.       Media Suara (Audio)

    3.       Media Video

    4.       Media Gambar (Grafik)

    5.       Media Animasi

    6.       Media Efek Khusus (Special Effect)

    7.       Media Interaktif (Interactivity)

Multimedia ini tak akan jauh dari seni dan imajinasi kita. Menurut Hofstetter (2001) Multimedia terdiri dari 5 unsur, yaitu :

  1. Teks, merupakan unsur dasar untuk meyampaikan informasi. Dalam penempatan teks pun tidak sembarangan. Harus teliti mampu menemukan kunci empatik konsumen dengan imajinasi kita. Atau biasa dipelajari dalam materi Tipografi.
  2. Gambar (Grafik), merupakan informasi yang tidak dijelaskan dengan kata-kata. Kadangkala ketika kita di berkendara di jalan raya melihat baligo besar berisi informasi hanya dengan melihat gambar saja tanpa membaca kata-katanya kita sudah dapat menyimpulkan isi dari baligo tersebut.
  3. Audio, merupakan unsur yang bisa berupa percakapan, music atau efek suara. Multimedia tanpa audio akan terasa hambar seperti sayur tanpa garam. Format dasar audio ini biasanya WAVE dan MIDI.
  4. Video, merupakan unsur yang membuat suatu informasi tampak terasa hidup dan lebih jelas. Tentu diiringi dengan audionya.
  5. Animasi, merupakan simulasi gerakan yang dihasilkan  dengan menampilkan beberapa frame ke layer.

Dalam jurusan multimedia ini kita akan mempelajari hal – hal berikut :

  1. Dasar-dasar multimedia
  2. Pengenalan dan Perakitan PC
  3. Etimologi Multimedia
  4. Fotografi  dan Teknik Pengambilan Gambar
  5. Belajar Animasi Dasar
  6. Alir Produksi Multimedia
  7. Pengelolaan Web
  8. Desain Animasi
  9. Video Shooting
  10. Audio dan Video Editing
  11. Menggambar Clean-up dan Sisip
  12. Perawatan peralatan multimedia
  13. Proposal pembuatan produk
  14. Seni Grafis dan Gambar 2D
  15. Stop Motion
  16. Efek Khusus
  17. Pembuatan Story Board
  18. Instalasi Sistem Operasi Dasar
  19. Final Project (Proyek Akhir pembuatan produk multimedia)

I Putu Gede Nurwangsa,ST.

Kepala Sekolah

Drs. I Nyoman Dharma Bandhem

Ketua Yayasan

 

Foto Galeri
  • Senin, 28 September 2020

Praktek Sepeda Motor

  • Senin, 28 September 2020

Ujian Praktek SMK Rekayasa